Wikipedia

Hasil penelusuran

Kamis, 04 Agustus 2016

5 Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia

5 Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia - Pulau adalah sebuah daratan yang terbentuk secara alami yang dikelilingi air, dan selalu berada di atas permukaan air pada saat pasang tertinggi air. Di dunia ini ada ratusan ribu pulau yang tersebar di berbagai wilayah, di banyak negara, dengan masing-masing karakteristik kontur dan kekayaannya yang beraneka ragam. Sebagian pulau-pulau itu dihuni manusia, sementara sebagian yang lain tidak berpenghuni.

Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki pulau dalam jumlah banyak, bahkan sering disebut sebagai Negara Dengan Pulau Terbanyak Di Dunia. Sebenarnya, masih ada negara lain yang memiliki pulau lebih banyak dibanding Indonesia, yakni Finlandia.

Berikut ini adalah 5 Negara Dengan Pulau Terbanyak Di Dunia :
1. Republik Finlandia – 179.584 Pulau

Finlandia adalah sebuah negara dengan ribuan danau dan pulau, ada 187.888 danau dan 179.584 pulau tepatnya. Salah satu danaunya, Saimaa, adalah yang ke-5 terbesar di Eropa. Bentuk tanah Finlandia kebanyakan datar dengan beberapa bukit dan titik tertingginya, Haltitunturi pada 1.328 m, berada di ujung utara Laplandia. Di samping banyak danau, lansekapnya juga didominasi oleh hutan pinus (sekitar 68% dari luas tanah) dan sedikit tanah subur.

Sebagian besar dari kepulauan ditemukan di barat daya, bagian dari kepulauan Åland, dan sepanjang tepi pantai selatan di Teluk Finlandia. Finlandia adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang tetap bertumbuh. Dikarenakan pengangkatan isostatik yang telah terjadi sejak zaman es terakhir, luas wilayah negara ini juga tumbuh sekitar 7 kilometer persegi setiap tahun.

Iklim di Finlandia Selatan adalah iklim menengah utara. Di Utara Finlandia, terutama di Laplandia, Finlandia, sebuah iklim subarktik mendominasi, dikarakterisasi dengan musim dingin yang sangat dingin dan musim panas yang hangat. Seperempat dari wilayah Finlandia terletak di dalam Lingkaran Arktik, dan konsekuensinya Finlandia mengalami matahari tengah malam. Di titik paling utara Finlandia, matahari tidak terbenam selama 73 hari di waktu musim panas, dan tidak terbit untuk 51 hari dalam musim dingin.

2. Indonesia – 13.466 Pulau

Jumlah tepatnya adalah 13.466 pulau, seperti yang diketahui berdasarkan survei geografi dan toponimi yang berakhir pada 2010. Hasilnya telah dilaporkan kepada Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Jumlah pulau itu hingga kini belum disahkan melalui peraturan pemerintah. Jumlah pulau itu, diperoleh Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi yang melakukan survei mulai 2007 hingga 2010. Jumlah tersebut berdasarkan inventarisasi dan verifikasi nama pulau serta penetapan koordinat tiap pulau dengan global positioning system.
Dan jumlah 17.508 pulau itu diperoleh karena Gosong dimasukkan sebagai pulau. Padahal. Gosong hanya gundukan pasir atau terumbu karang yang muncul saat air surut dan tenggelam saat pasang naik air laut. Adapun definisi pulau oleh PBB adalah obyek yang masih tampak saat air laut pasang. Pulau di Indonesia sejumlah 13.446 itu telah disampaikan kepada United Nations Groups of Experts on Geographical Names (UNGEGN) tahun lalu.
3.Filipina – 7107 Pulau

Filipina adalah sebuah negara republik di Asia Tenggara, sebelah utara Indonesia dan Malaysia. Filipina merupakan sebuah negara kepulauan. Negara ini terdiri dari 7.107 pulau. Filipina seringkali dianggap sebagai satu-satunya negara Asia Tenggara di mana pengaruh budaya Barat terasa sangat kuat.
Filipina adalah negara paling maju di Asia setelah Perang Dunia II, namun sejak saat itu telah tertinggal di belakang negara-negara lain akibat pertumbuhan ekonomi yang lemah, penyitaan kekayaan yang dilakukan pemerintah, korupsi yang luas, dan pengaruh-pengaruh neo-kolonial. Saat ini Filipina mengalami pertumbuhan ekonomi yang moderat, yang banyak disumbangkan dari pengiriman uang oleh pekerja-pekerja Filipina di luar negeri dan sektor teknologi informasi yang sedang tumbuh pesat.
4. Jepang – 6852 Pulau

Diantara Negara-negara di Asia, Jepang adalah satu-satunya Negara industry yang paling penting. Kebangkitannya dimulai sejak kedatangan bangsa eropa pada abad pertengahan. Jepang adalah Negara yang tua dan berkebudayaan tinggi sejak ribuan tahun yang lalu. Negeri ini yang mendapat julukan “negeri matahari terbit”, bahkan juga dijuluki sebagai “negeri dewa”, diperintah oleh seorang kaisar dan keturunannya.
Meskipun demikian negeri ini dalam periode yang singkat telah menjadi negara maju dan modern, bahkan sejak kekalahannya dari sekutu pada perang dunia II, sehingga harus melepaskan Negara jajahannya ( hasil dari politik expansinya ). Jepang adalah Negara kepulauan dengan jumlah pulau tidak kurang dari 6.852 buah besar dan kecil. Yang terbesar hanyalah 4 buah pulau yaitu Hokkaido, Honshu, Shikoku dan Kyushu. Luasnya hanya 230.948 km2.
5. Solomon – 992 Pulau

Kepulauan Solomon atau Kepulauan Salomo adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik bagian selatan yang terletak di sebelah timur Papua Nugini dan merupakan bagian dari Persemakmuran. Dia terdiri dari 992 pulau yang secara keseluruhan membentuk wilayah seluas 28.450 km².

Tidak ada komentar:

Posting Komentar