Wikipedia

Hasil penelusuran

Sabtu, 18 Februari 2017

Beda, Pulau Sumbawa dan Pulau Sumba

Saya bener-bener bingung mengapa orang jawa rata-rata selalu menyamakan nama Pulau Sumbawa dan Pulau Sumba.

Seperti pertanyaan teman ane "Bung, kamu asli mana?", terus ane jawab "Kota Bima bung, tepatnya di Pulau Sumbawa". setelah itu dia jawab "ohh, Bima-Sumba. ya bung." nah dari percakapan singkat kami berdua itu, ternyata teman ane nggak terlalu tau mengenai nama daerah di NTB dan NTT.

yuk simak penjelasan ane di bawah ini.

1. Pulau Sumbawa - NTB
Provinsi NTB terdiri dari 2 Pulau Besar Utama, Yaitu Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa . Pulau Sumbawa merupakan Pulau Terbesar di Kawasan Nusa Tenggara Barat dengan Luas 14.386 Km2. dengan puncak tertinggi yaitu Gunung Tambora (2.850 m). Pulau ini Terbagi menjadi 5 Wilayah Administrasi, yaitu 4 Kabupaten dan 1 Kota yang langsung menjadi Kota Terbesar di Pulau ini :
- Kota Bima (Raba)
- Kabupaten Bima (Woha)
- Kabupaten Dompu (Dompu)
- Kabupaten Sumbawa (Sumbawa Besar)
- Kabupaten Sumbawa Barat. Taliwang)
Masyarakat di Pulau Sumbawa mayoritas menganut Agama Islam. Pulau Sumbawa ini didiami oleh 2 Etnis Lokal Terbesar yaitu :
- Etnis Bima (Mbojo) yang menguasai Bagian Timur Pulau Sumbawa dengan jumlah penduduknya 854.484 Jiwa (92% Muslim) (7% Kristen) (1% Animisme-Dinamisme) yang tersebar di 2 Kabupaten dan 1 Kota (Dompu, Bima, dan Kota Bima)
- Etnis Sumbawa (Samawa) yang menguasai Bagian Barat Pulau Sumbawa dengan jumlah penduduknya 566.323 Jiwa (96% Muslim) (3% Kristen) (1% Animisme-Dinamisme) yang tersebar di 2 Kabupaten (Sumbawa Barat dan Sumbawa)


Add caption


   
2. Pulau Sumba - NTT
Provinsi NTT terdiri dari 3 Pulau Besar Utama yaitu : Pulau Sumba, Pulau Flores, dan Pulau Timor. Pulau Sumba merupakan urutan terakhir dari ke 2 Pulau Besar (Flores dan Timor). Pulau ini terbagi menjadi 4 Kawasan Administrasi yaitu :
- Kabupaten Sumba Barat Daya (Tambolaka)
- Kabupaten Sumba Barat (Waikabubak)
- Kabupaten Sumba Tengah (Waibakul)
- Kabupaten Sumba Timur (Waingapu)
dengan Kota Terbesar yaitu Waingapu sebegai ibukota Kabupaten Sumba Timur.
Masyarakat di Pulau Sumba mayoritas agama Kristen (Katolik-Protestan). Pulau Sumba ini didiami oleh 1 etnis lokal terbesar yaitu :
- Etnis Sumba yang tersebar di bagian penjuru pulau sumba dengan jumlah penduduk 768.824 Jiwa (86% Kristen) (10% Muslim) (4% Animisme-Dinamisme)





Gambar Lebih Jelasnya 


Sekian dari Artikel saya, Semoga Bermanfaat dan Menambah Wawasan Anda mengenai Ras, dan Wilayah di Indonesia! Amin. Salam Negara Kesatuan Republik Indonesia!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar